Kamis, 30 Maret 2017

Lambang Daerah Kabupaten Magetan

Pengirim: Web Admin, Tanggal 01 Jan 2016
Kategori: Page

Lambang Daerah Magetan

Logo Kabupaten Magetan

BENTUK GAMBAR DAN LAMBANG

Bentuk keseluruhan adalah lembaran kulit ternak yang merupakan ciri khas dan salah satu produk andalan Daerah Kabupaten Magetan.

ISI GAMBAR/LAMBANG

1.  Bintang

Melambangkan bahwa penduduk Kabupaten Magetan meyakini dan berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Selain itu, bintang terletak di angkasa dan bersegi lima menggambarkan cita-cita yang tinggi dengan berlandaskan Pancasila

2.  Keris

Keris merupakan benda pusaka dan melambangkan suatu kewibawaan. Keris dalam logo memiliki lima luk (lekukan pada bilah keris) yang merupakan jumlah sila dalam Pancasila. Hal ini terkandung maksud bahwa kewibawaan akan dimiliki apabila selalu mengamalkan Pancasila

3.  Gunung dan Asap

Gunung Lawu sebagai gunung vulkanis merupakan gunung yang tertinggi dan terbesar dalam daerah Kabupaten Magetan serta menggambarkan kemegahan dan kesuburan tanah di wilayah Kabupaten Magetan. 

4.  Telaga Pasir

Telaga Pasir atau terkenal dengan sebutan lain Telaga Sarangan merupakan objek pariwisata andalan dan menjadi kebanggaan daerah serta sumber kemakmuran masyarakat.

5.  Padi dan Kapas

Melambangkan cita-cita kemakmuran bagi seluruh masyarakat Kabupaten Magetan.

6.  Roda Bergerigi (hanya sebagian yang terlihat)

Menggambarkan kegiatan dan semangat kerja seluruh lapisan masyarakat  untuk mencapai cita-cita.

 

PERPADUAN  ISI GAMBAR / LAMBANG

Perpaduan antara sinar, bintang dan keris, kapas dan padi mengandung arti bahwa rakyat daerah Kabupaten Magetan adalah pendukung Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Hal ini dinyatakan dengan :

Sinar yang memancar dari keris dan bintang sebanyak 17 berkas, menyatakan tanggalnya yaitu 17. Bulan Agustus digambarkan dengan kapas sebanyak 8 buah. Sedangkan butir padi yang berisi 45 buah biji padi merupakan angka tahun kemerdekaan kita bangsa Indonesia yaitu tahun 1945.

MAKNA WARNA 

1.  Hijau dan Kuning

Hijau dan Kuning adalah warna pertanian. Hijau tua adalah warna dari tanaman-tanaman yang subur, sedangkan kuning adalah warna dari padi-padi yang telah tua.

2.  Kuning Emas

Warna kuning emas melambangkan keseluruhan kepribadian bangsa Indonesia

MAKNA LAMBANG KESELURUHAN

Dengan memperhatikan uraian/penjelasan tersebut diatas, dapat dirumuskan mengenai jiwa serta makna lambang bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan beserta seluruh lapisan masyarakat selalu siap mempertahankan dan mengisi kemerdekaan guna mencapai tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

 

Website Menu

Kontak Detail

Bidang PDE Bappeda Kab. Magetan

Jl. Basuki Rahmat Timur No. 1 Magetan

(0351) 895041
bappeda@magetankab.go.id
pde@magetankab.go.id
www.magetankab.go.id

Peta Magetan