Selasa, 21 Februari 2017

Pariwisata

Pengirim: Web Admin, Tanggal 01 Jan 2016
Kategori: Page

PARIWISATA DI KABUPATEN MAGETAN

 

Kabupaten Magetan dikaruniai keindahan alam yang menjadi andalan sektor pariwisata dan memberikan kontribusi yang besar bagi Pendapatan Asli Daerah. Namun demikian, sektor pariwisata di bidang lain juga mulai dikenal oleh masyarakat luas. Dengan mengusung julukan The Beauty of Java,  Kabupaten Magetan memiliki banyak tempat wisata yang sudah memiliki fasilitas dan sarana prasarana yang memadai. Selengkapnya adalah sebagai berikut:

1.  Wisata alam

Merupakan tempat pariwisata berupa keindahan bentang alam yang sudah dikenal secara luas, bahkan mulai dikenal di mancanegara dengan adanya paket tour wisatawan mancanegara. Wisata alam di Kabupaten Magetan meliputi:

a.  Telaga sarangan

b.  Telaga Wahyu

c.   Waduk Gonggang

d.   Air terjun Tirtosari, Watu Ondo, Jarakan, Pundak kiwo dan Tirto Gumarang

e.   Puncak Lawu

2.  Kolam renang :

Kabupaten Magetan memiliki beberapa kolam renang dan taman bermain serta wahana air. Selain itu, kolam renang yang ada di magetan sering digunakan untuk berlatih klub-klub renang dan merupakan tempat pendadaran bagi para atlet renang Kabupaten Magetan. Beberapa kolam renang yang sudah dikenal masyarakat luas antara lain:

a.  Taman Ria Manunggal

b.  Taman Ria lswahyudi

c.   Banyu Biru

3.  Wisata Minat Khusus

Keindahan bentang alam Kabupaten Magetan juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang memiliki minat khusus seperti berkemah, outbound, memancing, dan minat khusus lainnya. Fasilitas bagi masyarakat yang memiliki minat khusus antara lain:

a.     Mojosemi : merupakan camping ground (lokasi perkemahan), outbond, dan track sepeda gunung dengan fasilitas yang memadai serta akses jalan yang mudah dicapai dengan kendaraan.

b.     Telaga Wahyu : merupakan tempat bagi para mancing-mania untuk mencoba kuatnya tarikan ikan nila, bawal, patin dan lain-lain di lingkungan yang sejuk dan memiliki fasilitas umum yang memadai.

4.  Wisata sejarah

Kabupaten Magetan memiliki sejarah panjang dan ikut menentukan percaturan sejarah di masa kerajaan-kerajaan besar nusantara pada jaman dahulu. Oleh karena itu, Kabupaten Magetan memiliki banyak sekali tempat bersejarah yang sudah dikelola guna tujuan pariwisata sejarah dan edukasi. Peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten Magetan berasal dari rentang waktu kerajaan mataram kuno sampai dengan era perjuangan bangsa pascakemerdekaan Negara Indonesia . Beberapa tempat wisata sejarah yang terkenal adalah:

a.  Candi Reog di Kecamatan Panekan

b.  Candi Simbatan di Kecamatan Takeran

c.  Prasasti Watu Ongko di Kecamatan Palosan

d.  Makam G.B.R.Ay Maduretno di Kecamatan Kawedanan

e.  Monumen Soco (tetenger peristiwa PKI tahun 1948) di Kecamatan Bendo

f.   Puncak Lawu (di sepanjang perjalanan menuju puncak Lawu terdapat petilasan sejarah jaman kerajaan Majapahit)

5.  Wisata budaya

Sebagai Kota Budaya, Kabupaten Magetan memiliki tradisi-tradisi unik yang dikemas menjadi suguhan wisata budaya. Meskipun tidak banyak jumlahnya, namun setiap perhelatan kebudayaan ini selalu dipenuhi wisatawan lokal maupun dari kota-kota terdekat. Bahkan, agenda budaya ini sudah mulai menarik minat wisatawan luar negeri. Adapun wisata budaya di Kabupaten Magetan yang rutin diselenggarakan setiap tahun adalah:

a.  Labuh sesaji di telaga Sarangan pada hari Jum'at Pon bulan Ruwah, merupakan tradisi yang melambangkan rasa syukur atas semua karunia-Nya.

b.  Ledhug Suro di alon-alon kota Magetan pada bulan Muharram, merupakan tradisi menyambut tahun baru Islam disertai do'a dan pengharapan yang baik selama setahun ke depan.

6.  Wisata agro

Berada di lereng Gunung Lawu yang notabene merupakan gunung vulkanis, Kabupaten Magetan dikaruniai kesuburan tanah dan keanekaragaman vegetasi yang dikemas dalam bentuk wisata agro. Strawberry Sarangan dan Jeruk Pamelo Magetan seolah sudah menjadi hal yang wajib dicoba saat berkunjung di Magetan. Selain itu, masih banyak produk agro yang dikemas sebagai tujuan wisata, selengkapanya adalah:

a.  Strowberry dan sayuran di Sarangan

b.  Jeruk pamelo di Kecamatan Bendo, Takeran, Sukomoro, Kawedanan)

c.  Kebun kopi Wonomulyo di Kecamatan Poncol

d.  Kebun mangga arum manis di Kecamatan Parang

Demikian sekilas tempat pariwisata di Kabuapetan Magetan, untuk mendapat keterangan lebih lengkap dapat  berkunjung ke situs Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan

Website Menu

Kontak Detail

Bidang PDE Bappeda Kab. Magetan

Jl. Basuki Rahmat Timur No. 1 Magetan

(0351) 895041
bappeda@magetankab.go.id
pde@magetankab.go.id
www.magetankab.go.id

Peta Magetan